:: Wirausaha & Keuangan ::

Kisah Mudik Gratis : Nasabah Kupedes dan Simpedes BRI

E-mail Cetak PDF
Kasini (48) dan Masrukin (52), mungkin hanya sebagian kecil dari pemudik tahun ini yang berbunga-bunga hatinya. Pasalnya, ia mendapatkan tiket mudik lebaran tanpa harus membayar, alias gratis menuju ke Yogyakarta, kampung halamannya.

Nasabah Simpedes BRI Cabang Arteri Pondok Indah ini senang bukan kepalang karena berkesempatan mudik gratis bersama-sama dengan 3300 orang  lainnya, yang berangkat bareng menggunakan 75 bus ke berbagai tujuan di berbagai kota ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, dari Lapangan Parkir Timur Senayan akhir Ramadhan 1429 lalu. “Saya senang mendapatkan kesempatan mudik bareng dan gratis bersama BRI,” ujar  Kasini, pengusaha rias kemantin dan penyewaan peralatan pesta, yang telah merantau di Jakarta lebih dari 15 tahun ini.

Ungkapan senada juga disampaikan Asrori (38), nasabah Kupedes Cabang BRI Serdang yang ikut mudik ke Pekalongan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Ia bersama istri dan anaknya semata wayang turut menjadi keriuhan mudik lebaran gratis bersama BRI tahun ini. “Mudik gratis yang diselenggarakan BRI sangat membantu saya. Kendaraan yang digunakan nyaman, pelayanannya enak, semoga tahun depan saya dan keluarga dapat ikut lagi,” ujar Asrori yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang tempe di Pasar Serdang, Jawa Barat ini.

Peduli Nasabah

Acara mudik gratis yang diselenggarakan BRI tahun 2008 ini merupakan  bentuk kepedulian BRI kepada nasabahnya, khususnya nasabah Kupedes dan Tabungan Simpedes BRI. Mengenai syarat mengikuti mudik gratis ini, menurut Direktur UMKM BRI, Sulaiman Arif Arianto mudah untuk mengikutinya. Para pemudik gratis bersama BRI  dipilih dari nasabah Kupedes dan Tabungan Simpedes se Jabodetabek. Kriterianya, nasabah Kupedes yang sudah menjalankan usahanya minimal 3 tahun dengan riwayat pinjaman lancar, atau nasabah Tabungan Simpedes BRI dengan saldo minimal Rp250ribu pada dua bulan terakhir dari saat pendaftaran.

Menurut Sulaiman, penyelenggaraan mudik gratis BRI setiap tahun diupayakan terus ditingkatkan.  Tahun 2007 lalu BRI memberangkatkan  1250 pemudik dengan 50 bus, dan tahun ini meningkat menjadi 3300 pemudik. “Sebenarnya kami ingin memberangkatkan lebih banyak pemudik hingga sebanyak 113 bus dengan pemudik 5000an orang, sesuai dengan ulang tahun BRI ke 113 pada 16 Desember 2008 mendatang, tetapi karena kesulitan memperoleh bus yang layak dan memenuhi syarat kenyamanan, maka jumlah 75 bus tersebut dianggap cukup memadai untuk mudik gratis tahun ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Mudik Gratis BRI 2008, Wasito Pramono, yang juga Kepala Divisi Mikro BRI mengungkapkan,  mudik gratis yang diselenggarakan BRI diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan dan loyalitas nasabah BRI. Selain peduli dengan memberangkatkan pulang mudik secara gratis, para pemudik gratis BRI 2008 semuanya mendapatkan perlindungan dari asuransi jiwa dan kecelakaan selama perjalanan secara gratis dari Asuransi Jiwa Bringin Life. Tentu hal ini menambah kenyamanan bagi para pemudik menuju ke kampung halaman masing-masing. Dalam pelaksanaannya mudik gratis kali ini, Panitia Mudik Gratis BRI 2008 membagi menjadi empat route yaitu route Jakarta – Tegal – Semarang – Kudus – Pati, kemudian route Jakarta – Semarang – Magelang – Yogyakarta – Solo – Wonogiri, dan route Jakarta – Ciamis – Banjar – Purwokerto – Yogyakarta – Wonosari, serta route  Jakarta – Semarang – Solo – Madiun – Kediri. Route ini, lanjut Wasito, merupakan permintaan route terbanyak, dan tidak tertutup kemungkinan penambahan route lainnya di masa mendatang.

Terhibur

Jumlah pemudik sebanyak 3300 berangkat dari 17 Kanca BRI se Jabotabek dan armada bus telah dipersiapkan di setiap lokasi Kanca BRI sehingga para nasabah tidak harus bersusah payah menuju lokasi pemberangkatan bersama di Lapangan Parkir Timur Senayan. Sebelum berangkat, para pemudik dihibur oleh penampilan group kesenian Barongsai, Tanjidor dan Ondel-Ondel Jakarta.  Rombongan para pemudik sontak bergemuruh ketika artis Campur Sari, Didi Kempot menyanyikan tembang-tembang Jawa, dan beberapa artis panggung ibu kota yang turut menyemarakkan acara mudik gratis ini. Setelah semuanya siap untuk berangkat, armada bus para pemudik dilepas satu persatu oleh Irjen Departemen Perhubungan RI beserta Komisaris dan Direksi BRI, diiringi doa agar para pemudik selamat sampai di rumah masing-masing, dan kembali ke Jakarta lagi dengan selamat.  

Siap Setiap Saat

Untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik dan mengindari risiko yang tidak diinginkan, para pemudik tidak perlu lagi membawa uang tunai yang banyak karena BRI telah memberikan fasilitas ATM dengan fitur yang lengkap sepanjang perjalanan para pemudik, mencapai 1362 unit sehingga setiap pemudik dapat menggunakan fasilitas dan transaksi perbankan secara mudah.

Saat ini ATM BRI telah terkoneksi dengan jaringan ATM Bersama, Link rima, Master Card, Cirrus, dan Bankcard. Tidak perlu kurang dana karena BRI telah menyediakan dana sekitar Rp2 triliun untuk memenuhi dana cash nasabahnya. Tentu semua ini untuk kenyamanan dan pelayanan nasabah BRI, yang memiliki motto melayani sepenuh hati.
Terakhir Diupdate ( Senin, 29 Juni 2009 03:41 )  

Seminar 1

jasa website toko online

Seminar 2