:: Wirausaha & Keuangan ::

Proposal Kredit

E-mail Cetak PDF

DR. Krisna Wijaya - Pemerhati Keuangan & Perbankan

Sesederhana apapun bentuknya dalam setiap pengajuan kredit kepada bank selalu disertai proposal. Tentunya proposal  yang dibuat tergantung kepada besaran kredit yang akan diajukan.

Umumnya semakin besar jumlah kredit yang diperlukan akan semakin komprehensif proposalnya.  Bahkan untuk jumlah kredit tertentu pihak bank meminta agar proposal tersebut dilengkapi dengan studi kelayakan ( feasibility study ) yang dibuat oleh konsultan independen yang ditunjuk oleh pihak bank.

Banyak cara dan teknik membuat proposal. Namun demikian esensi utama dari sebuah proposal adalah berisikan penjelesan yang berkaitan dengan berbagai informasi yang harus diketahui pihak bank sehingga mempermudah pemahaman para pejabat bank dan memproses permohonan kredit.

Sekedar alternative untuk membuat proposal  dapat dipergunakan outline berikut ini :

Gambaran Umum

Berisikan penjelasan mengenai identitas perusahaan dan jenis usaha yang dilakukan berikut informasi yang berkaitan dengan perijinan, asset perusahaan, serta gambaran singkat alasan mengajukan permohonan kredit

Aspek Pemasaran

Berisikan penjelasan yang berkaitan dengan baik strategi maupun implementasi pemasaran atas produk  dan jasa  yang ditawarkan. Dijelaskan juga bagaimana peluang dalam menghadapi persaingan, pasar sasaran yang direncanakan dan segmentasi pasar yang akan dituju.

Aspek Produksi

Penjelasan yang berkaitan dengan aspek teknis produksi sebuah unit usaha. Kajiannya meliputi lokasi usaha, penggunaan bahan baku dan sumbernya, proses produksi, penggunaan tenaga kerja dan pemenuhannya, serta sarana dan prasarana pendukung  yang diperlukan.

Apabila berkaitan dengan proyek investasi perlu juga dijelaskan jadual dan rencana investasinya termasuk pengadaan barang modal seperti mesin dan sarana penunjang lainnya.

Aspek Manajemen

Penjelasan yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan meliputi struktur  organisasi berikut penjelasannya, susunan manajemen perusahaan, dan pembagian tugas masing-masing pengelola.

Aspek Keuangan

Berisikan tentang tata kelola keuangan perusahaan. Termasuk di dalamnya adalah laporan keuangan, sumber dan pengunaan dana, proyeksi keuangan dan sensitivitasnya serta cashflow.

Membuat proposal sebagaimana diuraikan diatas tentunya hanya merupakan outline alternative saja. Dalam prakteknya bisa dikembangkan menjadi lebih komperhensif dan bahkan sebaliknya disederhanakan.

Untuk keperluan kredit mikro,  tentunya tidak diperlukan proposal  yang detil dan selengkap layaknya sebuah kajian studi kelayakan.  Untuk keperluan kredit mikro  proposal tersebut diatas dapat disampaikan secara lisan baik disaat mengajukan permohonan kredit maupun pada waktu kunjungan petugas  bank ke lokasi usaha.  Para petugas  bank akan sangat maklum apabila para pengusaha mikro akan mengalami kesulitan kalau diharuskan membuat proposal tertulis.

Apapun bentuk proposalnya, esensi utama yang harus disampaikan tidak lain adalah hal-hal yang berkaitan dengan data dan informasi. Data dan informasi tersebut merupakan hal penting yang diperlukan oleh pihak bank sebagai dasar dalam melakukan analisa kredit. Tentunya data dan informasi yang disampaikan haruslah rasional, akurat dan relevan.

Haruslah dipahami juga bahwa data dan informasi yang disampaikan kepada pihak bank akan menjadi dokumen rahasia. Sebab tidak jarang para pengusaha yang merasa enggan menyampaikan data dan informasinya dengan alasan takut kalau tersebar kepada para pesaingnya.  Ada semacam kode etik yang dipegang teguh oleh pihak bank bahwa semua dokumen yang diserahkan kepada pihak bank dijaga kerahasiannya.

Persoalannya sekarang bagaimana memulainya. Sederhana saja. Anggap saja anda bercerita tentang apa yang telah, sedang dan akan dilakukan atas usaha Anda. Kalau Anda memang pelaku usaha tentunya tidak sulit menjelaskan itu semua.  Tinggal Anda mengemasnya dalam bentuk tertulis dimana untuk itu dapat dilakukan sendiri atau meminta bantuan pihak professional. 

 

Seminar 1

jasa website toko online

Seminar 2