:: Wirausaha & Keuangan ::

Depo Air Minum Biru - Tren Air Isi Ulang Masa Depan

E-mail Cetak PDF

Air  minum, tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang,  kapanpun, dimanapun.  Karena itu bisnis air minum tetap bergairah, tetap prospek, apalagi jika kualitas dan higienitas air tanah di kawasan tersebut tercemar dan rendah kualitasnya. Karena itu,  Yantje Wongso menyadari sejak awal bahwa bisnis air minum akan tetap memiliki prospek yang cerah. Kapanpun.  

Depo Air Minum Biru yang didirikan  Yantje tahun  2002 lalu, merupakan bagian dari upaya penyediaan  air minum yang sehat dan berkualitas terbaik, dengan biaya ringan. Sebuah konsep bisnis depo air minum isi ulang (DAMIU)  yang berbeda dari yang sudah ada selama ini. 

100 Persen Teknologi Ozon 

Di mana perbedaan Depo Air Minum (DAM) Biru dengan depo-depo air isi ulang lainnya?  Perbedaannya ternyata terletak pada teknologi yang digunakan. Dalam DAM Biru menggunakan 100 persen teknologi  ozon untuk proses produksi air minum yang dihasilkan. 

Menurut Yantje,  teknologi ozon merupakan standart industry yang digunakan oleh perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)  sehingga air yang dikonsumsi mempunyai syarat-syarat yang semestinya diperlukan, seperti kaya akan oksigen yang terlihat nyata dengan adanya butir-butir oksigen dalam botol galon. Tingkat kesegaran air minum Biru pasti lebih terjamin karena penjualan segera setelah proses produksi selesai.  

Yantje menambahkan bahwa air minum Biru tersedia pada tingkat harga berkisar sepertiga dari harga AMDK . Dengan kebutuhan pasar yang begitu tinggi dan kuat (demand driven) yang merupakan kebutuhan utama yang rutin dan dengan harga yang sangat terjangkau dan juga kualitas yang  tinggi, Yanje yakin bahwa Biru nantinya mampu memberikan sebuah pemasukan penghasilan dengan tingkat resiko kecil dan waktu yang tidak pernah berhenti. 

” Sepanjang manusia  minum dan juga kebutuhan lainnya seperti memasak dan juga lainnya yang menggunakan air minum sebagai aktivitas hariannya maka Biru masih bisa terus jalan,” ujarnya.

Perkembangan usaha air minum Biru dari tahun ketahun semakin meningkat. Saat ini gerai Biru sudah mencapai  37  gerai. Keuntungan usaha air minum Biru mampu mencapai gross margin lebih dari 65% dengan waktu pencapaian break event point yang relative mudah dicapai serta kekuatan kas mencapai lebih dari Rp9 juta rupiah per bulan.

Keseriusan Yantje tidaklah sia-sia. Kerja keras dan ketekunannya mampu membuahkan 2 penghargaan sekaligus oleh MURI di tahun 2007 lalu. Penghargaan pertama diberikan MURI atas prestasi Biru sebagai DAM yang pertama yang di waralabakan secara nasional. Penghargaan kedua yaitu sebagai usaha Waralaba DAM yang pertama menggunakan 100 persen teknologi ozon untuk proses produksi air minum.

Yantje, pria kelahiran 3 Maret 1966 ini sebenarnya tidak menyangka bahwa bisnis air minum ini mampu memberikan peningkatan  ekonomi  keluarga secara signifikan. Bagimana tidak, awalnya bisnis yang ia kembangkan saat ini memang berawal dari masalah yang ia hadapi. Sebagai keluarga besar yang sudah bertahun-tahun berbisnis resto, hingga suatu saat resto milik keluarga tersebut mengalami masalah air, akhirnya ia putuskan untuk mencari  solusinya . Ternyata ia dihadapkan pada sebuah peluang bisnis yang luar biasa prospeknya.

Sang istri juga menyambut baik langkahnya untuk mengembangkan bisnis air ini. Tidak tanggung-tanggung, sang istri yang juga seorang arsitek membantu membuatkan sebuah desain tempat yang cukup apik.

Dengan proses waktu dan juga komitmen pengembangan perusahaan ini, Yantje mencanangkan kepada teamnya bahwa  system yang ia kembangkan benar-benar mampu memberikan yang terbaik bagi siapapun.

Bagi dirinya dan keluarga, bagi karyawan, bagi para mitra dan juga bagi konsumen. Saat ini biru dikembangkan dengan system Franchise. Dan Yantje mempunyai mimpi bahwa Biru dibawah bendera PT. Biru Semesta Abadi  terus menjadi perusahaan yang terdepan di bisnis yang sama. 

Opsesi lain yang ia inginkan adalah mampu memberikan pelayanan dan hasil terbaik  terutama air berkualitas untuk  dikonsumsi oleh masyarakat secara luas dengan harga yang murah. *n

Terakhir Diupdate ( Senin, 29 Juni 2009 04:08 )  

Seminar 1

jasa website toko online

Seminar 2